RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN(RPP)
Nama Sekolah
: SMA
Plus Margawati
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : X / 1(Satu)
Standar Kompetensi :
2.
Memahami
hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)
Kompetensi Dasar :
1.1
Mendeskripsikan
tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya.
Indikator:
1. Menuliskan nama senyawa biner
2. Menuliskan nama senyawa poliatomik
3. Menuliskan nama senyawa organik sederhana
4. Menyetarakan persamaan reaksi sederhana dengan
diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya.
Alokasi Waktu :
3 x 90 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
melaksanakan proses pembelajaran, siswa
mampu:
1. Menuliskan nama senyawa biner
2. Menuliskan nama senyawa poliatomik
3. Menuliskan nama senyawa organik sederhana
4. Menyetarakan persamaan reaksi sederhana dengan
diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya.
Karakter siswa
yang dikembangkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab.
B.
Materi Pembelajaran:
Senyawa
adalah gabungan atom/unsur berlainan jenis, sedangkan unsure adalah gabungan
atom-atom sejenis. Seperti halnya unsur, setiap senyawa perlu mempunyai nama
spesifik.
Tata
nama senyawa dibedakan atas :
·
Tata nama senyawa kovalen
·
Tata nama senyawa ion
·
Tata nama asam dan basa
·
Tata nama senyawa karbon
C.
Metode Pembelajaran
1.
Diskusi
Informasi
2.
Tanya jawab
3.
penugasan
D.
Langkah – langkah kegiatan
Pertemuan 1
v
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mempersilakan siswa untuk berdoa
- Guru mengecek kehadiran siswa
- Siswa dan guru
membaca surat alwaqiah
-
Melalui diskusi kelas, guru menjelaskan akan pentingnya
nama suatu unsur dan senyawa.
-
Siswa diminta duduk berkelompok yang terdiri dari 6
kelompok masing-masing 5-6 siswa.
v
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Siswa diminta
mendiskusikan tentang cara pemberian nama senyawa biner dan poliatomik dari
senyawa organik dan anorganik
Dalam diskusi ditekankan:
ü Cara penulisan rumus kimia
ü Penentuan rumus senyawa ion yang ditentukan oleh
perbandingan muatan kation dan anion yang saling menetralkan
ü Cara penamaan senyawa biner yang terbentuk dari
logam dan nonlogam ( kation dan anioan)
ü Pemberian nama beberapa gugus kation dan gugus
anion
ü Pemberian nama untuk logam yangdapat membentuk
labebih dari satu jenis muatan positif.
ü Pemberian nama senyawa biner yang terbentuk dari
dua jenis nonlogam
ü Nama senyawa yang sudah umum dikenal yang tidak
perlu mengikuti aturan
-
Siswa diminta
mensimulasikan anion dan kation untuk membentuk senyawa.
-
Siswa dari
kelompok yang mendapat giliran untuk presentasi diminta untuk mempresentasikan
sebaik mungkin, sementara siswa dari kelompok lain diminta untuk menyimak dan
mempersiapkan pertanyaan.
Elaborasi
- Guru memfasilitasi agar pemahaman siswa tentang materi
yang tengah dipelajari bertambah baik.
- Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
hal-hal yang belum diketahui.
- Guru meluruskan kesalahpahaman konsep materi yang
disampaikan.
Konfirmasi
- Guru memberikan tanya jawab berkaitan dengan
materi yang disampaikan.
v Kegiatan
penutup
Guru dan siswa menyimpulkan cara pemberian nama untuk senyawa biner dan
poliatomik serta perumusan senyawa yang terbentuk.
Karakter yang dikembangkan :
Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Kreatif,Tanggung Jawab.
Pertemuan 2
v
Kegiatan Pendahuluan
- Guru mempersilakan siswa untuk berdoa
- Guru mengecek kehadiran siswa
- Siswa dan guru
membaca surat alwaqiah
-
Siswa diminta duduk berkelompok yang terdiri dari 6
kelompok masing-masing 5-6 siswa.
-
Guru mereview materi sebelumnya.
v
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Siswa dari
kelompok yang mendapat giliran untuk presentasi diminta untuk mempresentasikan
sebaik mungkin.
-
Sementara
siswa dari kelompok lain diminta untuk menyimak dan mempersiapkan pertanyaan.
-
Siswa diminta
mengerjakan latihan soal
Elaborasi
- Guru memfasilitasi agar pemahaman siswa tentang
materi yang tengah dipelajari bertambah baik.
- Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
hal-hal yang belum diketahui.
- Guru meluruskan kesalahpahaman konsep materi yang
disampaikan.
Konfirmasi
- Guru memberikan tanya jawab berkaitan dengan
materi yang disampaikan.
v Kegiatan
penutup
Guru dan siswa menyimpulkan cara pemberian nama untuk senyawa biner dan poliatomik
serta perumusan senyawa yang terbentuk.
Karakter siswa
yang dikembangkan :
Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab.
Pertemuan
3
v
Kegiatan Pendahuluan
-
Guru
mempersilakan siswa untuk berdoa
- Guru mengecek kehadiran siswa
- Siswa dan guru
membaca surat alwaqiah
-
Melalui tanya
jawab siswa memberi contoh reaksi kimia sederhana yang terjadi dalam kehidupan
sehari-hari.
-
Motivasi dan
pemberian reward untuk siswa yang aktif.
v
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Siswa diminta
menuliskan rumus kimia dari zat yang terlibat dalam reaksi.
-
Siswa diminta
menuliskan persamaan reaksi kimia.
-
Siswa diminta
menentukan pereaksi dan hasil reaksi dalam suatu persamaan reaksi.
-
Siswa
mengetahui cara penulisan jenis fasa zat.
-
Siswa diminta
menyetarakan persamaan reaksi sederhana.
-
Siswa
berlatih menuliskan sekaligus menyetarakan persamaan reaksi kimia yang lain
Elaborasi
- Guru memfasilitasi agar pemahaman siswa tentang
materi yang tengah dipelajari bertambah baik.
- Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
hal-hal yang belum diketahui.
- Guru meluruskan kesalahpahaman konsep materi yang
disampaikan.
Konfirmasi
Guru memberikan tanya jawab berkaitan dengan materi yang disampaikan.
v Kegiatan
penutup
- Guru dan siswa menyimpulkan cara penulisan
persamaan reaksi dan penyetaraan persamaan reaksi.
- Guru memberikan tugas rumah
Karakter siswa yang
dikembangkan :
Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab.
E.
Media Pembelajaran
1.
Komputer,
LCD.proyektor
2.
Tabel
periodik unsur
F.
Sumber Belajar
1.
Buku Penuntun
Belajar Kimia . SMA/MA kelas X
2.
Internet
3.
Buku –buku
yang relevan
G.
Penilaian:
Indikator
|
Jenis tugas
|
Bentuk tugas
|
Instrumen
|
-
Menuliskan
nama senyawa biner
-
Menuliskan
nama senyawa poliatomik
-
Menuliskan
nama senyawa organik sederhana
-
Menyetarakan
persamaan reaksi sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam
reaksi atau sebaliknya.
|
-
Tugas
individu & kelompok
-
Performa
-
Ulangan
harian
|
-
Produk
-
Unjuk kerja
-
Laporan
hasil diskusi
-
Pengamatan
sikap
|
-
LKS
-
Soal test
uraian dan pilihan ganda
-
(soal
terlampir)
|
Contoh Instrumen
I.
Pilihlah
satu jawaban yang benar !
1.
Penamaan zat
berikut yang tidak benar adalah ....
A.
BCl3
= boron triklorida D.
Cu2S = tembaga(II) sulfida
B.
MgCl2
= magnesium diklorida E.
Na2O = natrium oksida
C.
Na2SO4
= natrium sulfat
2.
Jika
ditentukan ion pembentuk senyawa adalah : SO42-; PO43-;
NO3-; NH4+; Fe2+; dan Al3+,
maka rumus kimia senyawa yang benar adalah ....
A. Fe3(SO4)2 D.
(NH)3(NO)4
B. FePO4 E.
Al3(NO3)
C. Al2(SO4)2
3.
Rumus molekul
dari asam klorida, asam sulfat, dan asam fosfat berturut-turut adalah ....
A. HClO, H2S, H3PO3 D. HCl, H2SO4,
H3PO4
B. HCl, H2SO4, H3PO4
E. HCl, H2SO3,
H2PO4
C. HClO3, H2SO4, H2PO4
4.
Di antara
persamaan reaksi berikut, yang sudah setara adalah ....
A. Fe2O3 (s) + 2Al (s) ® Al2O3 (s) + Fe (s)
B. Al(s) +
3H2SO4(aq) ® Al2(SO4)3(aq) + 3H2(g)
C. C2H5OH(l) + 3O2(g) ® 2CO2(g) + 3H2O(l)
D. Mg(OH)2(s) + 2HCl(aq) ® MgCl2(aq) + H2O(l)
E. 3Cu(s) +
6HNO3(aq) ® 3Cu(NO3)2(aq) + NO(g) + 3H2O(l)
5.
Serbuk
tembaga(II) oksida larut dalam asam klorida membentuk tembaga(II) klorida dan
air. Persamaan setara untuk reaksi itu adalah ....
A.
Cu2O(s) + HCl(aq) ®Cu2Cl(aq) + H2O(l)
B.
Cu2O(s) + 2HCl(aq) ®2CuCl(aq) + H2O(l)
C.
CuO(s) + HCl(aq) ®CuCl(aq) + H2O(l)
D.
CuO(s) + 2HCl(aq) ®CuCl2(aq) + H2O(l)
E.
Cu2O(s) + 4HCl(aq) ®2CuCl2(aq) + 4H2O(l)
II.
Essay
1.
Berikan nama
yang sesuai untuk masing-masing senyawa berikut.
a.
N2O c. Cl2O5 e. Cu2O g. SnO2
b.
Na2O d. AlBr3 f. SO2 h. PI3
2.
Tulislah
persamaan setara untuk reaksi berikut.
a.
Besi + gas
oksigen membentuk besi(II) oksida.
b.
Aluminium +
larutan asam sulfat membentuk aluminium sulfat dan gas hidrogen.
c.
Gas amonia +
larutan asam nitrat membentuk amonium nitrat.
d.
Batu pualam
(kalsium karbonat) + larutan asam klorida membentuk larutan kalsium klorida.
e.
Kalsium
oksida padat dengan air membentuk larutan kalsium hidroksida.
Garut, September 2015
Mengetahui,
Kepala SMA Plus Margawati Guru
Mapel Kimia
Iwan, M.Pd Dede Lesmana, S.Pd
NIP. 197203132007011009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar