Cari Blog Ini

Kamis, 07 Januari 2016

rpp kimia materi perhitungan kimia sem 1 kelas x



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Nama Sekolah     : SMA Plus Margawati                    
Mata Pelajaran  :  Kimia
Kelas/Semester   :  X / 1(Satu)
Standar Kompetensi          :
2.          Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)
Kompetensi Dasar : 
1.1      Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya.
Indikator:
1.     Menuliskan nama senyawa biner
2.     Menuliskan nama senyawa poliatomik
3.     Menuliskan nama senyawa organik sederhana
4.     Menyetarakan persamaan reaksi sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya.

Alokasi Waktu    : 3 x 90  menit

A.        Tujuan Pembelajaran
Setelah  melaksanakan proses pembelajaran, siswa  mampu:
1.     Menuliskan nama senyawa biner
2.     Menuliskan nama senyawa poliatomik
3.     Menuliskan nama senyawa organik sederhana
4.     Menyetarakan persamaan reaksi sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya.
Karakter siswa yang dikembangkan: 
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab.

B.        Materi Pembelajaran:
Senyawa adalah gabungan atom/unsur berlainan jenis, sedangkan unsure adalah gabungan atom-atom sejenis. Seperti halnya unsur, setiap senyawa perlu mempunyai nama spesifik.
Tata nama senyawa dibedakan atas :
·            Tata nama senyawa kovalen
·            Tata nama senyawa ion
·            Tata nama asam dan basa
·            Tata nama senyawa karbon

C.         Metode Pembelajaran
1.     Diskusi Informasi
2.     Tanya jawab
3.     penugasan

D.         Langkah – langkah kegiatan

Pertemuan 1

v  Kegiatan Pendahuluan
-     Guru mempersilakan siswa untuk berdoa
-     Guru mengecek kehadiran siswa
-     Siswa dan guru  membaca surat alwaqiah
-     Melalui diskusi kelas, guru menjelaskan akan pentingnya nama suatu unsur dan senyawa.
-     Siswa diminta duduk berkelompok yang terdiri dari 6 kelompok masing-masing 5-6 siswa.

v  Kegiatan Inti
Eksplorasi
-     Siswa diminta mendiskusikan tentang cara pemberian nama senyawa biner dan poliatomik dari senyawa organik dan anorganik
Dalam diskusi ditekankan:
ü   Cara penulisan rumus kimia
ü   Penentuan rumus senyawa ion yang ditentukan oleh perbandingan muatan kation dan anion yang saling menetralkan
ü   Cara penamaan senyawa biner yang terbentuk dari logam dan nonlogam ( kation dan anioan)
ü   Pemberian nama beberapa gugus kation dan gugus anion
ü   Pemberian nama untuk logam yangdapat membentuk labebih dari satu jenis muatan positif.
ü   Pemberian nama senyawa biner yang terbentuk dari dua jenis nonlogam
ü   Nama senyawa yang sudah umum dikenal yang tidak perlu mengikuti aturan
-     Siswa diminta mensimulasikan anion dan kation untuk membentuk senyawa.
-     Siswa dari kelompok yang mendapat giliran untuk presentasi diminta untuk mempresentasikan sebaik mungkin, sementara siswa dari kelompok lain diminta untuk menyimak dan mempersiapkan pertanyaan.
Elaborasi
-     Guru memfasilitasi agar pemahaman siswa tentang materi yang tengah dipelajari bertambah baik.
-     Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya hal-hal yang belum diketahui.
-     Guru meluruskan kesalahpahaman konsep materi yang disampaikan.
Konfirmasi
-     Guru memberikan tanya jawab berkaitan dengan materi yang disampaikan.
v Kegiatan penutup
Guru dan siswa menyimpulkan cara pemberian nama untuk senyawa biner dan poliatomik serta perumusan senyawa yang terbentuk.
Karakter yang dikembangkan :
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Kreatif,Tanggung Jawab.

Pertemuan 2

v  Kegiatan Pendahuluan

-     Guru mempersilakan siswa untuk berdoa
-     Guru mengecek kehadiran siswa
-     Siswa dan guru  membaca surat alwaqiah
-     Siswa diminta duduk berkelompok yang terdiri dari 6 kelompok masing-masing 5-6 siswa.
-     Guru mereview materi sebelumnya.

v  Kegiatan Inti
Eksplorasi
-     Siswa dari kelompok yang mendapat giliran untuk presentasi diminta untuk mempresentasikan sebaik mungkin.
-     Sementara siswa dari kelompok lain diminta untuk menyimak dan mempersiapkan pertanyaan.
-     Siswa diminta mengerjakan latihan soal 
Elaborasi
-     Guru memfasilitasi agar pemahaman siswa tentang materi yang tengah dipelajari bertambah baik.
-     Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya hal-hal yang belum diketahui.
-     Guru meluruskan kesalahpahaman konsep materi yang disampaikan.
Konfirmasi
-     Guru memberikan tanya jawab berkaitan dengan materi yang disampaikan.

v  Kegiatan penutup
Guru dan siswa menyimpulkan cara pemberian nama untuk senyawa biner dan poliatomik serta perumusan senyawa yang terbentuk.
Karakter siswa yang dikembangkan  : 
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab.

Pertemuan 3

v  Kegiatan Pendahuluan
-     Guru mempersilakan siswa untuk berdoa
-     Guru mengecek kehadiran siswa
-     Siswa dan guru  membaca surat alwaqiah
-     Melalui tanya jawab siswa memberi contoh reaksi kimia sederhana yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
-     Motivasi dan pemberian reward untuk siswa yang aktif.
v  Kegiatan Inti
Eksplorasi
-     Siswa diminta menuliskan rumus kimia dari zat yang terlibat dalam reaksi.
-     Siswa diminta menuliskan persamaan reaksi kimia.
-     Siswa diminta menentukan pereaksi dan hasil reaksi dalam suatu persamaan reaksi.
-     Siswa mengetahui cara penulisan jenis fasa zat.
-     Siswa diminta menyetarakan persamaan reaksi sederhana.
-     Siswa berlatih menuliskan sekaligus menyetarakan persamaan reaksi kimia yang lain
Elaborasi
-     Guru memfasilitasi agar pemahaman siswa tentang materi yang tengah dipelajari bertambah baik.
-     Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya hal-hal yang belum diketahui.
-     Guru meluruskan kesalahpahaman konsep materi yang disampaikan.
Konfirmasi
Guru memberikan tanya jawab berkaitan dengan materi yang disampaikan.

v  Kegiatan penutup
-     Guru dan siswa menyimpulkan cara penulisan persamaan reaksi dan penyetaraan persamaan reaksi.
-     Guru memberikan tugas rumah
Karakter siswa yang dikembangkan  : 
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab.

E.         Media Pembelajaran
1.     Komputer, LCD.proyektor
2.     Tabel periodik unsur

F.         Sumber Belajar
1.     Buku Penuntun Belajar  Kimia . SMA/MA kelas X
2.     Internet
3.     Buku –buku yang relevan

G.        Penilaian:
         Indikator
Jenis tugas
Bentuk tugas
Instrumen
-      Menuliskan nama senyawa biner
-      Menuliskan nama senyawa poliatomik
-      Menuliskan nama senyawa organik sederhana
-      Menyetarakan persamaan reaksi sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya.
-       Tugas individu & kelompok
-       Performa
-       Ulangan harian
-    Produk
-    Unjuk kerja
-    Laporan hasil diskusi
-    Pengamatan sikap
-     LKS
-     Soal test uraian dan pilihan ganda
-     (soal terlampir)



Contoh Instrumen
 I.          Pilihlah satu jawaban yang benar !  
1.         Penamaan zat berikut yang tidak benar adalah ....
A.      BCl3 = boron triklorida                                      D. Cu2S = tembaga(II) sulfida
B.      MgCl2 = magnesium diklorida                         E. Na2O = natrium oksida
C.      Na2SO4 = natrium sulfat
2.         Jika ditentukan ion pembentuk senyawa adalah : SO42-; PO43-; NO3-; NH4+; Fe2+; dan Al3+, maka rumus kimia senyawa yang benar adalah ....
A.    Fe3(SO4)2                                                D. (NH)3(NO)4
B.    FePO4                                                     E. Al3(NO3)
C.    Al2(SO4)2
3.         Rumus molekul dari asam klorida, asam sulfat, dan asam fosfat berturut-turut adalah ....
A.    HClO, H2S, H3PO3                                D. HCl, H2SO4, H3PO4
B.    HCl, H2SO4, H3PO4                              E. HCl, H2SO3, H2PO4
C.    HClO3, H2SO4, H2PO4
4.         Di antara persamaan reaksi berikut, yang sudah setara adalah ....
A.    Fe2O3 (s) + 2Al (s) ® Al2O3 (s) + Fe (s)
B.    Al(s) + 3H2SO4(aq) ® Al2(SO4)3(aq) + 3H2(g)
C.    C2H5OH(l) + 3O2(g) ®  2CO2(g) + 3H2O(l)
D.    Mg(OH)2(s) + 2HCl(aq) ® MgCl2(aq) + H2O(l)
E.    3Cu(s) + 6HNO3(aq) ® 3Cu(NO3)2(aq) + NO(g) + 3H2O(l)
5.         Serbuk tembaga(II) oksida larut dalam asam klorida membentuk tembaga(II) klorida dan air. Persamaan setara untuk reaksi itu adalah ....
A.    Cu2O(s) + HCl(aq) ®Cu2Cl(aq) + H2O(l)
B.    Cu2O(s) + 2HCl(aq) ®2CuCl(aq) + H2O(l)
C.    CuO(s) + HCl(aq) ®CuCl(aq) + H2O(l)
D.    CuO(s) + 2HCl(aq) ®CuCl2(aq) + H2O(l)
E.    Cu2O(s) + 4HCl(aq) ®2CuCl2(aq) + 4H2O(l)

II.          Essay
1.         Berikan nama yang sesuai untuk masing-masing senyawa berikut.
a.     N2O                         c. Cl2O5  e. Cu2O  g. SnO2
b.     Na2O                       d. AlBr3  f. SO2                      h. PI3
2.         Tulislah persamaan setara untuk reaksi berikut.
a.     Besi + gas oksigen membentuk besi(II) oksida.
b.     Aluminium + larutan asam sulfat membentuk aluminium sulfat dan gas hidrogen.
c.     Gas amonia + larutan asam nitrat membentuk amonium nitrat.
d.     Batu pualam (kalsium karbonat) + larutan asam klorida membentuk larutan kalsium klorida.
e.     Kalsium oksida padat dengan air membentuk larutan kalsium hidroksida.

                                                                                                                    Garut,         September  2015

Mengetahui,                                                                        
Kepala SMA Plus Margawati                                                                                         Guru Mapel Kimia




Iwan, M.Pd                                                                                                                Dede Lesmana, S.Pd
NIP. 197203132007011009                                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar