RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BULAN NOVEMBER DAN DESEMBER
Nama Sekolah
: SMA
Plus Margawati
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI / 1(Satu)
Standar Kompetensi :
3.Memahami
kinetika reaksi, kesetimbangan kimia dan factor-faktor yang mempengaruhinya
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industryII
Kompetensi Dasar :
3.3.Menjelaskan kesetimbangan
dan factor-faktor yang memepengaruhi kesetimbangan dengan melakukan percobaan
3.4 Menentukan hubungan kuantitatif
antara pereaksi dengan hasil reaksidari suatu reaksi dan kesetimbangan.
Indikator:
- Menjelaskan kesetimbangan dinamis
- Membedakan reaksi reversible dan irreversible.
- Membedakan kesetimbangan homogen dan heterogen
- Meramalkan arah pergeseran kesetimbangandengan menggunakan asas Le Chatelier
- merumuskan tetapan kesetimbangan
- Menganalisis pengaruh perubahan suhu , konsentrasi, tekanan, dan volume pada pergeseran kesetimbangan melalui percobaan.
- Menafsirkan data percobaan mengenai konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang untuk menentukan derajad disosiasi dan tetapan kesetimbangan.
- Menghitung harga Kc berdasarkan konsentrasi zat pada keadaan setimbang.
- Menghitung harga Kp bedasarkan tekanan parsial gas-gas pada keadaan setimbang.
- Menjelaskan hubungan Kc dengan Kp serta penerapannya.
Alokasi Waktu :
5 × 90 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan
proses pembelajaran, siswa mampu:
1.
Menjelaskan
kesetimbangan dinamis
2.
Membedakan
reaksi reversible dan irreversible.
3.
Membedakan
kesetimbangan homogen dan heterogen
4.
Meramalkan arah
pergeseran kesetimbangandengan menggunakan asas Le Chatelier
2.
merumuskan
tetapan kesetimbangan
3.
Menganalisis
pengaruh perubahan suhu , konsentrasi, tekanan, dan volume pada pergeseran
kesetimbangan melalui percobaan.
4.
Menafsirkan data
percobaan mengenai konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan
setimbang untuk menentukan derajad disosiasi dan tetapan kesetimbangan.
5.
Menghitung harga
Kc berdasarkan konsentrasi zat pada keadaan setimbang.
6.
Menghitung harga
Kp bedasarkan tekanan parsial gas-gas pada keadaan setimbang.
7.
Menjelaskan
hubungan Kc dengan Kp serta penerapannya.
Karakter
siswa yang dikembangkan:
Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab.
B.
Materi Pembelajaran:
§ Sistem kesetimbangan
dinamis
(konsep)
§ Pergeseran
kesetimbangan
(prinsip)
§ Pemanfaatan pergeseran kesetimbnaga
n dalam industri (prosedur)
§ Tetapan
kesetimbangan
(konsep)
§ Perhitungan nilai tetapan kesetimbangan Kc pada
kesetimbangan
homogeny
(konsep)
§
Perhitungan
nilai tetapan kesetimbangan Kc pada kesetimbangan
heterogen
(konsep)
§
Perhitungan
nilai tetapan kesetimbangan Kp
(konsep)
§
Hubungan Kc dan
Kp
(konsep)
C.
Metode Pembelajaran
1.
Diskusi Informasi
2.
Tanya jawab
3.
Penugasan
4.
Eksperimen
D.
Media Pembelajaran
1.
Komputer, LCD.
2.
Alat percobaan
hukum Lavoisier.
E.
Sumber Belajar
1.
Buku Penuntun Belajar
Kimia SMA/MA kelas XI
2.
Internet
3.
Buku –buku yang relevan
F.
Langkah – langkah kegiatan
Pertemuan 1
No.
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Waktu
|
A.
B.
C
|
Pendahuluan
v Memimpin doa bersama
v Mengecek kehadiran siswa
v Mengkaji kandungan surat
al-wakiah ayat 30-35
v Apersepsi
v Meminta siswa menyebutkan contoh nyata dalam
kehidupan sehari-hari yang menggunakan prinsip setimbang.
v Menyiapkan alat bahan demonstrasi
v Meinta dua siswa orang siswa untukmembantu
memperagakan demonsrasi tentang kesetimbangan
Kegiatan
inti.
Eksplorasi
Dan jika
suhu dinaikkan atau diturunkan, atau ditambah katalis dan zat lain.
Elaborasi
Konfirmasi.
Penutup
|
Pertemuan 2
No
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Waktu
|
A
B
C
|
Pendahuluan
v Memimpin doa bersama
v Mengecek kehadiran siswa
v Mengkaji kandungan surat
al-wakiah ayat 36-40
v Apersepsi
v Membagi siswa dalam kelompok kecil
v Memberikan kuis tentang pergeseran kesetimbangan.
v Mengumpulkan kuis .
Kegiatan
inti
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Penutup
|
Pertemuan 3
No
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Waktu
|
A
|
Pendahuluan
v Memimpin doa bersama
v Mengecek kehadiran siswa
v Mengkaji kandungan surat
al-wakiah ayat 40-45
v Apersepsi
v Meninjau kembali tentang kesetimbangan homogen dan
heterogen.
v Meninjau kembali tentang kesetimbangan reversible
dan irreversible.
Kegiatan
inti
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Penutup
|
Pertemuan 4
No
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
v Memimpin doa bersama
v Mengecek kehadiran siswa
v Mengkaji kandungan surat
al-wakiah ayat 30-35
v Apersepsi
v Meninjau kembali pemahaman siswa tentang penulisan
tetapan kesetimbangan.
v Meminta siswa menjelaskan hubungan tetapan
kesetimbangan dengan wujud zat.
Kegiatan
inti
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Penutup
|
Pertemuan 5
No
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
v Memimpin doa bersama
v Mengecek kehadiran siswa
v Mengkaji kandungan surat
al-wakiah ayat 45-50
v Apersepsi
v Melalui contoh soal guru meninjau kembali pemahaman
siswa tentang menentukan nilai tetapan kesetimbangan Kc.
Kegiatan
inti
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Penutup
|
G.
Penilaian
Jenis
penilaian : UH,tugas terstruktur, tugas mandiri.tugas kelompok.
Bentuk
penilaian: tes tertulis.
Alat
penilaian
No
|
Indicator
penilaian
|
Instrument
penilaian
|
Skor
|
1.
|
Diberikan d
Diberikansuatu reaksi
kesetimbangan
Dan mol-mol dalam setimbang ,
siswa dapat menentukan nilai Kc.
|
1.Dketahui
reaksi berikut:
2HBr
(g)
H2 (g) + Br2 (g)
Jika pada saat setimbang
terdapat 0,1 mol HBr, 0,2 mol Br2 dan 0,4 mol H2
dalam wadah 2 liter, hitung kc untuk reaksi diatas.
|
|
2
|
Siswa dapat menghitung kc dari
suatu kesetimbanagn heterogen.
|
.Sebanyak 0,5 serbuk Ba(OH)2
dimasukkan kedalam 0,1 liter air, sehingga terjadi kesetimbangan sbb;
Ba(OH)2 (s)
Ba2+ (aq) + 2OH –(aq)
Jika pada kesetimbangan terdapat
0,2 mol OH– hitung kc untuk reaksi diatas.
|
|
3
|
Siswa dapat menghitung kp dari
suatu kesetimbanagn homogeny.
|
N2 (g) +3 H2
(g)
2NH3 (g)
Pada saat setimbang ditemukan gas
amoniak sebanyak 2 mol. Jika tekanan total sistem pada saat setimbang adalah
8 atm, tentukan kp.
|
|
4
|
Siswa dapat menghitung kp dari
kesetimbangan disosiasi.
|
Diketahui reaksi berikut:
N2O4
(g)
2NO2 (g)
Jika terdapat mula-mula 5 mol N2O4
(g) dalam wadah 2 liter jumlah zat yang terdisosiasi 20 % ,
hitung kp pada suhu 27 °C
|
Garut,
Oktober 2015
Mengetahui,
Kepala SMA Plus Margawati Guru
Mapel Kimia
Iwan, M.Pd Dede Lesmana, S.Pd
NIP. 197203132007011009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar