RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMA Plus Margawati Garut
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/ Genap
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2018 / 2019
|
Materi Pokok
|
:
|
Puisi
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45
Menit
|
A.
Kompetensi
Inti
·
KI-1:
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·
KI-2:Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI-3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI-4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.16. Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang
terkandung dalamantologi puisi yang
diperdengarkan atau dibaca.
|
3.16.1. Mendefinisikan tentang Puisi:(semua jenis
puisi) : isi;tema;makna;amanat; dansuasana.
3.16.2. Mengidentifikasikan tentang Puisi: (semua
jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
3.16.3. Mendeskripsikan tentang Puisi: (semua
jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
3.16.4. Mengklasifikasikan tentang Puisi: (semua
jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
3.16.5. Menemukan data dan informasi tentang
Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
3.16.6. Mengeksprolasi temuan data dan informasi
tentang Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
3.16.7. Mendata suasana, tema, dan makna dalam
puisi yang didengar dan atau dibaca
3.16.8. Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan
informasi tentang Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan
suasana.
3.16.9. Menganalisis tabulasi data dan informasi
tentang Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
3.16.10. Menguraikan hasil analisa data dan informasi
tentang Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
3.16.11. Mengasosiasikan uraian data dan informasi
tentang Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
3.16.12. Menyimpulkan hasil asosiasi data dan
informasi tentang Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan
suasana.
|
4.16. Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu
puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi
(tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
4.16.1. Memusikalisasikan dan menanggapi salah satu puisi dari antologi puisi atau
kumpulan puisi dengan memerhatikan
vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo).
4.16.2. Memverifikasi kesimpulan data dan
informasi tentang Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan
suasana.
4.16.3. Mempresentasikan hasil verifikasi data
tentang Puisi: (semua jenis puisi) : isi; tema; makna; amanat; dan suasana.
|
Melalui kegiatan pembelajaran dengan
pendekatan saintifik dengan model pedagoge genre, saintifik, dan CLIL peserta
didik dapat mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang
terkandung dalam antologi puisi yang
diperdengarkan atau dibaca dan mendemonstrasikan (membacakan atau
memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi
dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan
intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) dengan rasa ingin tahu, tanggung
jawab, displin dan kreatif (integritas)
selama proses pembelajaran dan bersikap
jujur, percaya diri serta pantang
menyerah.
D.
Materi
pembelajaran
Puisi:
(semua jenis
puisi)
· isi;
· tema;
· makna;
· amanat; dan
· suasana.
Fakta :
Puisi
Konsep :
Puisi
Prinsip : isi puisi
Prosedur : tema,
makna, amanat, dan suasana
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning @aminyusuf
Model Pembelajaran : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based
Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F.
Media/alat,
Bahan
Media :
· Worksheet atau lembar kerja (siswa)
· lembar penilaian
· Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
· Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan,
laboran, dan penutur nativ.
Alat/Bahan :
· Penggaris, spidol, papan tulis
· Laptop & infocus
· Audio: kaset dan CD.
· Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi
dengan teks.
· Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
· Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide)
bersuara.
· Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
· Visual gerak: film bisu.
· Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
· Komputer.
G.
Sumber
Belajar
1. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan,
Balitbang, Kemendikbud.
2. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
3. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : Unsur-unsur dan Kebahasaan Biografi
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang materipuisi
: isi, tema, dan makna
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi puisi : isi, tema, dan makna dengan cara :
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi puisi
: isi, tema, dan makna
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi puisi : isi, tema, dan makna
Ø
pemberian
contoh-contoh materi puisi : isi, tema, dan makna untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi puisi : isi, tema, dan makna dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi puisi : isi, tema, dan makna oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi puisi : isi, tema, dan makna, untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
v Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi puisi : isi, tema, dan makna yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa
yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan puisi : isi, tema, dan makna?
Ø
Terdiri
dari apakah puisi : isi, tema, dan makna
tersebut?
Ø
Seperti
apakah puisi : isi, tema, dan makna tersebut?
Ø
Bagaimana
puisi : isi, tema, dan makna itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi puisi : isi, tema, dan makna?
Ø
Bagaimanakah
materi puisi : isi, tema, dan makna itu berperan dalam kehidupan
sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi puisi :
isi, tema, dan makna yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
puisi : isi, tema, dan makna yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi puisi : isi, tema, dan makna
yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi puisi : isi, tema, dan makna yang tekah disusun dalam daftar
pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi puisi : isi, tema, dan
makna
mencatat semua informasi tentang materi
puisi : isi, tema, dan makna yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
puisi : isi, tema, dan makna sesuai dengan pemahamannya
- Saling tukar informasi tentang
materi puisi : isi, tema, dan
makna dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur,
sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi,
menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang
dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
- Berdiskusi
tentang data dari materi puisi : isi, tema, dan makna yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi puisi : isi, tema, dan makna yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi puisi : isi, tema, dan makna
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : puisi : isi, tema, dan makna, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi puisi
: isi, tema, dan makna berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
·
Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal tentang mteri : puisi : isi, tema, dan makna
·
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi puisi
: isi, tema, dan makna dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
·
Bertanya atas presentasi tentang
materi puisi : isi, tema, dan makna yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
·
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang puisi : isi, tema, dan makna
·
Menjawab pertanyaan tentang puisi
: isi, tema, dan makna yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
·
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi puisi
: isi, tema, dan makna yang akan selesai dipelajari
·
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi puisi : isi, tema, dan makna yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
150
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran puisi
: isi, tema, dan makna berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran puisi : isi, tema, dan makna yang
baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk
materi pelajaran puisi : isi,
tema, dan makna yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran puisi : isi, tema, dan
makna.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran puisi : isi, tema, dan makna
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran puisi : isi, tema, dan
makna kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
15
menit
|
Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : puisi : isi, tema, dan makna
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang materipuisi
: amanat dan suasana
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi puisi : amanat dan suasana dengan cara :
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi puisi
: amanat dan suasana
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
Ø
lembar
kerja materi puisi : amanat dan suasana
Ø
pemberian
contoh-contoh materi puisi : amanat dan suasana untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca
materi puisi : amanat dan suasana dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian
materi puisi : amanat dan suasana oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi puisi : amanat dan suasana, untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
v Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca,
diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
·
Mengajukan
pertanyaan tentang materi puisi : amanat dan suasana yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa
yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa
yang dimaksud dengan puisi : amanat dan suasana?
Ø
Terdiri
dari apakah puisi : amanat dan suasana
tersebut?
Ø
Seperti
apakah puisi : amanat dan suasana tersebut?
Ø
Bagaimana
puisi : amanat dan suasana itu bekerja?
Ø
Apa
fungsi puisi : amanat dan suasana?
Ø
Bagaimanakah
materi puisi : amanat dan suasana itu berperan dalam kehidupan sehari-hari
dan karir masa depan peserta didik?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi puisi :
amanat dan suasana yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi
puisi : amanat dan suasana yang sedang dipelajari
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi puisi : amanat dan suasana
yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi puisi : amanat dan suasana yang tekah disusun dalam daftar
pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi puisi : amanat dan suasana
mencatat semua informasi tentang materi
puisi : amanat dan suasana yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi
puisi : amanat dan suasana sesuai dengan pemahamannya
- Saling tukar informasi tentang
materi puisi : amanat dan
suasana dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur,
sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi,
menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang
dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
- Berdiskusi
tentang data dari materi puisi : amanat dan suasana yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah
informasi dari materi puisi : amanat dan suasana yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi puisi : amanat dan suasana
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
- Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : puisi : amanat dan suasana, antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi puisi
: amanat dan suasana berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
·
Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal tentang mteri : puisi : amanat dan suasana
·
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi puisi
: amanat dan suasana dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
·
Bertanya atas presentasi tentang
materi puisi : amanat dan suasana yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
·
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang puisi : amanat dan suasana
·
Menjawab pertanyaan tentang puisi
: amanat dan suasana yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
·
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi puisi
: amanat dan suasana yang akan selesai dipelajari
·
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi puisi : amanat dan suasana yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
150
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran puisi
: amanat dan suasana berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran puisi : amanat dan suasana yang
baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk
materi pelajaran puisi : amanat
dan suasana yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran puisi : amanat dan
suasana.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk
penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi
pelajaran puisi : amanat dan
suasana
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran puisi : amanat dan
suasana kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
15
menit
|
I.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik
Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi
berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik
terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
1
|
Sochib
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan
:
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan
aspek perilaku yang ingin dinilai
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.
Apa yang anda ketahui mengenai
puisi!
2.
Mengapa puisi menggunakan
bahasa yang berbeda!
3.
Apa yang dimaksud pengalaman!
4.
Jelaskan cara menulis puisi!
5.
Bagaimana cara membuat puisi
berdasarkan berita!
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Iwan, M.Pd
|
|
Garut, 11 Januari 2019
Guru Mata pelajaran
Dede Lesmana, S.Pd
|
Untuk mengunduh Klik
Unduh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar