https://drive.google.com/open?id=1kC-A5SblQZY6Xh2bTZWXykxOHYLOxWMp
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMA Plus Margawati Garut
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
X / Genap
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2018 / 2019
|
Materi Pokok
|
:
|
Unsur-unsur
dan Kebahasaan Biografi
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 Minggu x
4 Jam pelajaran @ 45 Menit
|
A. Kompetensi
Inti
·
KI-1:Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
·
KI-2:Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan
dalam teks biografi.
4.15
Menyusun teks biografi tokoh
|
·
Mendata
pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi.
·
Menulis teks biografi tokoh dengan
memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan)
·
Memberikan tanggapan secara lisan terhadap
isi teks (biografi) yang ditulis teman
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik
dengan model pedagoge genre, saintifik, dan CLIL peserta didik dapat
mendata pokok-pokok isi biografi danciri
kebahasaan dalam teks biografi, menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan
isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan), memberikan
tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman.dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kreatif (integritas)
selama proses pembelajaran dan bersikap
jujur, percaya diri serta pantang
menyerah.
D. Materi
pembelajaran
Unsur-unsur biografi:
·
orientasi: (identitas singkat tokoh);
·
rangkaian peristiwa dan masalah yang dialami; dan
·
Reorientasi
Kebahasaan biografi:
·
pronominal;
·
pengacu dan yang diacu; dan
·
konjungsi.
Fakta : Biografi
Konsep : Cerita Ulang
Prinsip
: Unsur-unsur dan kebahasaan biografi
Prosedur
: orientasi: (identitas singkat tokoh);
rangkaian
peristiwa dan masalah yang dialami; dan
Reorientasi
pronominal;
pengacu
dan yang diacu; dan
konjungsi.
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan
Problem
Based
Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F. Media/alat,
Bahan
Media :
·
Worksheet atau lembar
kerja (siswa)
·
lembar penilaian
·
Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
·
Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Alat/Bahan :
·
Penggaris, spidol, papan tulis
·
Laptop & infocus, Audio: kaset dan
CD.
·
Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
·
Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
·
Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
·
Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
·
Visual gerak: film bisu.
·
Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
·
Komputer. @aminyusuf
G. Sumber
Belajar
1.
Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
2.
Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
3.
Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
H. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : Biografi
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang materiunsur-unsur
biografi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk
memusatkan perhatian pada topik materi
unsur-unsur biografi
dengan cara :
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang
materi unsur-unsur biografi
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar
kerja materi unsur-unsur biografi
Ø pemberian
contoh-contoh materi unsur-unsur biografi untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi unsur-unsur biografi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi unsur-unsur biografi
oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi unsur-unsur
biografi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
v Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa
yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca
dan menulis (Literasi)
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi unsur-unsur biografi yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa
yang dimaksud dengan unsur-unsur biografi?
Ø Terdiri
dari apakah unsur-unsur biografi
tersebut?
Ø Seperti
apakah unsur-unsur biografi tersebut?
Ø Apa
fungsi unsur-unsur biografi?
Ø Bagaimanakah
materi unsur-unsur biografi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan
karir masa depan peserta didik?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi unsur-unsur biografi yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan
membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan
dan pemahaman tentang materi unsur-unsur biografi yang sedang dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
unsur-unsur biografi yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi unsur-unsur biografi yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi unsur-unsur biografi
mencatat
semua informasi tentang materi unsur-unsur biografi yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi unsur-unsur biografi sesuai dengan
pemahamannya
- Saling tukar informasi tentang
materi unsur-unsur biografi dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru
yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang
lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan
informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan
belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
- Berdiskusi
tentang data dari materi unsur-unsur biografi yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi
dari materi unsur-unsur biografi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi unsur-unsur biografi
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : unsur-unsur
biografi, antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi unsur-unsur biografi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
·
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : unsur-unsur biografi
·
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi unsur-unsur biografi dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
·
Bertanya
atas presentasi tentang materi unsur-unsur
biografi yang dilakukan
dan peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
·
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang unsur-unsur biografi
·
Menjawab
pertanyaan tentang unsur-unsur
biografi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
·
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi unsur-unsur
biografi yang akan
selesai dipelajari
·
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi unsur-unsur
biografi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
150
menit
|
Catatan :
Selama
pembelajaran unsur-unsur
biografi berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin,
rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran unsur-unsur biografi yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk
materi pelajaran unsur-unsur
biografi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran unsur-unsur biografi.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk
penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi
pelajaran unsur-unsur biografi
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran unsur-unsur biografi kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
15
menit
|
Pertemuan
Ke-2 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
- Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, yaitu : unsur-unsur biografi
- Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang materikebahasaan
biografi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk
memusatkan perhatian pada topik materi
kebahasaan biografi dengan
cara :
·
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang
materi kebahasaan biografi
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar
kerja materi kebahasaan biografi
Ø pemberian
contoh-contoh materi kebahasaan biografi untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi kebahasaan biografi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi kebahasaan biografi oleh
guru
·
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi kebahasaan
biografi, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
v Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa
yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca
dan menulis (Literasi)
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi kebahasaan biografi yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa
yang dimaksud dengan kebahasaan biografi?
Ø Terdiri
dari apakah kebahasaan biografi
tersebut?
Ø Seperti
apakah kebahasaan biografi tersebut?
Ø Apa
fungsi kebahasaan biografi?
Ø Bagaimanakah
materi kebahasaan biografi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan
karir masa depan peserta didik?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi kebahasaan biografi yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi kebahasaan biografi yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
kebahasaan biografi yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi kebahasaan biografi yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi kebahasaan biografi
mencatat
semua informasi tentang materi kebahasaan biografi yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi kebahasaan biografi sesuai dengan
pemahamannya
- Saling tukar informasi tentang
materi kebahasaan biografi dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru
yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang
lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan
informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan
belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
- Berdiskusi
tentang data dari materi kebahasaan biografi yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi
dari materi kebahasaan biografi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi kebahasaan biografi
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : kebahasaan
biografi, antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
·
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi kebahasaan biografi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
·
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : kebahasaan biografi
·
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi kebahasaan biografi dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
·
Bertanya
atas presentasi tentang materi kebahasaan
biografi yang dilakukan
dan peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
·
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang kebahasaan biografi
·
Menjawab
pertanyaan tentang kebahasaan
biografi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
·
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi kebahasaan
biografi yang akan
selesai dipelajari
·
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi kebahasaan
biografi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
|
150
menit
|
Catatan :
Selama
pembelajaran kebahasaan
biografi berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin,
rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran kebahasaan biografi yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk
materi pelajaran kebahasaan
biografi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran kebahasaan biografi.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek
/produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk
penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi
pelajaran kebahasaan biografi
- Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran kebahasaan biografi kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
15
menit
|
I.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
1. Teknik
Penilaian (terlampir)
a. Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Skor
Sikap
|
Kode
Nilai
|
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
1
|
Mia
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS : Bekerja
Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun
Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku
dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal =
jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap =
jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai /
predikat :
75,01 – 100,00 =
Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 =
Baik (B)
25,01 – 50,00 =
Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas
dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
b. Pengetahuan
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.
Jelaskan manfaat membaca biografi!
2.
Apakah tujuan cerita ulang!
3.
Apakah yang dimaksud menceritakan kembali
teks biografi!
4.
Tuliskan langkah-langkah menceritakan teks
biografi!
5.
Sebutkan beberapa tokoh yang biografinya
pernah anda baca!
6.
Mengapa teks biografi menjelaskan hal yang
penting!
7.
Bagaimana isi dalam struktur bagian peristiwa
dalam teks biografi!
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Iwan, M.Pd
|
|
Garut, 11 Januari 2019
Guru Mata pelajaran
Dede Lesmana, S.Pd
|
untuk mendownload secara keseluruhan di google drive silahkan klik di link
https://drive.google.com/file/d/1kC-A5SblQZY6Xh2bTZWXykxOHYLOxWMp/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar